RSS

Me.,

Foto saya
just a little girl with many dreams wanna come true!!!!!!!!

MODUL 1 LS & IT


Motivasi,Konsep Diri dan

Pembelajaran Efektif

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA

PRODI KEDOKTERAN

Disusun oleh KELOMPOK 3 :

 Ketua : Brilliant Ibnu Sina

 Sekertaris : Diva Adlia Nurandi

Anggota: Aziz Rahman Muis

Diah Eka Permanawati

Dian Fitriany Suhardi

Dimas Dwityo Previanto

Dini Mudira Sari

Eka Widya

Elza Wahyuni

Fadillah Arifani

Mia Shofianne Liberty

Tutor : Dr.Jekti TR







BAB II

PEMBAHASAN



2.1 Skenario 1

Adi,18 tahun mahasiswa kedokteran salah satu perguruan tinggi di Jakarta merasakan hasil prestasi di semester 1 jauh dari standar yang dicapai.Saat mengikuti perkuliahan ternyata buku rujukan menggunakan bahasa inggris dan hampir segala aktivitas tugas menggunakan computer,sering tidak membuat tugas sehingga berpengaruh terhadap pencapaian nilai. Kegelisahan muncul apakah apakah Adi dapat menjadi dokter di desa nya kelak nanti.Keinginanmenjadi dokter muncul saat neneknya mengalami sakit keras pda saat membutuhkan pertolongan seoramg dokter ternyata di desa terpencil itu , untuk butuh seorang dokter harus memerlukan waktu 4 jam perjalanan mencapai puskesmas.

Adi terlahir di Desa Sumbersari di kaki lereng gunung Ciremei,membutuhkan perjalanan 6 jam kepusat kota,sarana kesehatan sangat minim dan tidak memadai, jalan berliku dan susah angkutan umum.Semenjak pengalaman neneknya sakit keras dan tidak tertolong beliau bercita cita selepas lulus SMA ingin melanjutkan menjadi dokter.SMA di Desa Sumbersari seperti biasa SMA di desa.Orang tua Adi bekerja sebagai petani.



2.2 Kata Kunci

 Mahasiswa Kedokteran

 Prestasi Menurun

 Motivasi menjadi Dokter,saat neneknya sakit

 Kegelisahan muncul

 Tempat tinggal terpencil

 Orangtua Petani

 Jarang buat tugas

 Buku Rujukan B.Inggris dan computerized





2.3 Pertanyaan

 Motivasi

1. Apa yang dimaksud dengan Motivasi ?

2. Apa saja klasifikasi motivasi?yang lebih dominan dalam skenario ini?

3. Faktor-faktor yang mendorong motivasi?



 Konsep Diri

1. Apa yang dimkasud dengan konsep diri?

2. Faktor yang mempengaruhi konsep diri?

3. Apa solusi untuk menghilangkan konsep diri negatif?



 Proses Pembelajaran Efektif

1. Apa definisi dari pembelajaran efektif?

2. Apa hubungan konsep diri dengan pembelajaran?

3. Hambatan pembelajaran efektif?

























2.4 Analisis Masalah





Adi memiliki konsep diri yang negatif dan motivasi internalnya kurang, karena dalam belajar Adi kurang mahir dalam menggunakan komputer dan Bahasa Inggris yang membuat prestasinya menurun sehingga menyebabkan IPK rendah dan tidak lulus tepat waktu / DO.

2.5 Pembahasan



 MOTIVASI

Motivasi belajar dapat didefinisikan sebagai keseluruhan daya penggerak di dalam dan di luar diri siswa yang menimbulkan, menjamin kelangsungan dan memberikan arah kegiatan belajar, sehingga diharapkan tujuan dapat tercapai.





 Klasifikasi – Irwanto

 Motivasi Kuat

 Motivasi Sedang

 Motivasi Lemah



 Klasifikasi Motivasi -Woodworth & Marquis

 Kebutuhan-kebutuhan organis (Organic Motive)

 Motif-motif darurat (Emergency Motive)

 Motif-motif obyektif (Objective Motive)

Faktor Pendorong

Faktor Eksternal

• Lingkungan

• Pemimpin dan kepemimpinanannya

• Dorongan atau bimbingan yang diterima

Faktor Internal

• Pembawaan individu

• Tingkat pendidikan

• Pengalaman masa lampau

• Keinginan atau harapan

( Kuliah Dra. Isje 2010 )



Solusi Konsep diri negatif :

 Merubah cara berfikir sesorang yang memiliki konsep diri negatif

 Lebih membuka diri untuk bergaul dengan orang lain

 Mengenali kemampuan dirinya sendiri

 Mendatangi psikolog untuk di berikan motivasi

 Memperbaiki motivasi diri

Proses Pembelajaran

 Pembelajaran adalah suatu proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar (UU RI No. 20 2003)

 Pembelajaran adalah suatu respon terhadap suatu situasi, yang menimbulkan perubahan pada tingkah laku, penambahan pengetahuan atau ketrampilan untuk penyesuaian diri atau bermanfaat untuk dirinya. (dr. Busjra)

2.6 Hambatan:

Internal

 Kondisi psikologis tidak siap

 Kejenuhan Belajar

 Tidak suka subjek pelajaran

 Tingkat Intelektual

Eksternal

 Lingkungan : Keluarga, Sekolah, Masyarakat

 Sikap Guru

 Materi yang tidak memadai

 Tingkat Kesukaran

 Faktor Ekonomi



BAB III PENUTUP

3.1 KESIMPULAN:

Penyebab menurunnya prestasi adi.

 Motivasinya kurang

 Konsep dirinya cenderung negatif

 Proses belajar yang kurang efektif(kurang mampu berbahasa inggris dan menguasai komputer)

3.2 Solusi :

 Membangkitkan motivasi(khususnya internal)

 Menghilangkan konsep diri negatif

 Memperbaiki cara belajar

RESEP SUKSES

 William A. Ward :

 “ Belajar ketika orang lain tidur, bekerja ketika orang lain bermalasan, dan bermimpi ketika orang lain berharap."

3.3 PENUTUP

 Man arodad dunya fa alaihi bil ’ilmi

 Wa man arodal akhirah fa alaihi bil ’ilmi

 Wa man aroda huma fa alaihi bil ’ilmi.

 Siapa yang menginginkan dunia, dia harus punya ilmu

 Siapa yang mengimginkan akhirat, dia harus punya ilmu

 Siapa yang menginginkan keduanya, dia harus punya Ilmu


3.4 REEFERENSI

 Irwanto

 Woodworth & Marquis

 William D. Brooks

 Kuliah Dr. Busjra 2010

 Kuliah Dra. Isje 2010

 Kuliah Dr. Slamet 2010





































0 komentar:

Posting Komentar

hii., nice to see ur comment for me,no SARA , no PORNOGRAFI and absolutely kritik yang membangun ya !!! hiii

Diberdayakan oleh Blogger.
http://www.emocutez.com
Powered By Blogger