Motivasi,Konsep Diri dan
Pembelajaran Efektif
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA
PRODI KEDOKTERAN
Disusun oleh KELOMPOK 3 :
Ketua : Brilliant Ibnu Sina
Sekertaris : Diva Adlia Nurandi
Anggota: Aziz Rahman Muis
Diah Eka Permanawati
Dian Fitriany Suhardi
Dimas Dwityo Previanto
Dini Mudira Sari
Eka Widya
Elza Wahyuni
Fadillah Arifani
Mia Shofianne Liberty
Tutor : Dr.Jekti TR
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Skenario 1
Adi,18 tahun mahasiswa kedokteran salah satu perguruan tinggi di Jakarta merasakan hasil prestasi di semester 1 jauh dari standar yang dicapai.Saat mengikuti perkuliahan ternyata buku rujukan menggunakan bahasa inggris dan hampir segala aktivitas tugas menggunakan computer,sering tidak membuat tugas sehingga berpengaruh terhadap pencapaian nilai. Kegelisahan muncul apakah apakah Adi dapat menjadi dokter di desa nya kelak nanti.Keinginanmenjadi dokter muncul saat neneknya mengalami sakit keras pda saat membutuhkan pertolongan seoramg dokter ternyata di desa terpencil itu , untuk butuh seorang dokter harus memerlukan waktu 4 jam perjalanan mencapai puskesmas.
Adi terlahir di Desa Sumbersari di kaki lereng gunung Ciremei,membutuhkan perjalanan 6 jam kepusat kota,sarana kesehatan sangat minim dan tidak memadai, jalan berliku dan susah angkutan umum.Semenjak pengalaman neneknya sakit keras dan tidak tertolong beliau bercita cita selepas lulus SMA ingin melanjutkan menjadi dokter.SMA di Desa Sumbersari seperti biasa SMA di desa.Orang tua Adi bekerja sebagai petani.
2.2 Kata Kunci
Mahasiswa Kedokteran
Prestasi Menurun
Motivasi menjadi Dokter,saat neneknya sakit
Kegelisahan muncul
Tempat tinggal terpencil
Orangtua Petani
Jarang buat tugas
Buku Rujukan B.Inggris dan computerized
2.3 Pertanyaan
Motivasi
1. Apa yang dimaksud dengan Motivasi ?
2. Apa saja klasifikasi motivasi?yang lebih dominan dalam skenario ini?
3. Faktor-faktor yang mendorong motivasi?
Konsep Diri
1. Apa yang dimkasud dengan konsep diri?
2. Faktor yang mempengaruhi konsep diri?
3. Apa solusi untuk menghilangkan konsep diri negatif?
Proses Pembelajaran Efektif
1. Apa definisi dari pembelajaran efektif?
2. Apa hubungan konsep diri dengan pembelajaran?
3. Hambatan pembelajaran efektif?
2.4 Analisis Masalah
Adi memiliki konsep diri yang negatif dan motivasi internalnya kurang, karena dalam belajar Adi kurang mahir dalam menggunakan komputer dan Bahasa Inggris yang membuat prestasinya menurun sehingga menyebabkan IPK rendah dan tidak lulus tepat waktu / DO.
2.5 Pembahasan
MOTIVASI
Motivasi belajar dapat didefinisikan sebagai keseluruhan daya penggerak di dalam dan di luar diri siswa yang menimbulkan, menjamin kelangsungan dan memberikan arah kegiatan belajar, sehingga diharapkan tujuan dapat tercapai.
Klasifikasi – Irwanto
Motivasi Kuat
Motivasi Sedang
Motivasi Lemah
Klasifikasi Motivasi -Woodworth & Marquis
Kebutuhan-kebutuhan organis (Organic Motive)
Motif-motif darurat (Emergency Motive)
Motif-motif obyektif (Objective Motive)
Faktor Pendorong
Faktor Eksternal
• Lingkungan
• Pemimpin dan kepemimpinanannya
• Dorongan atau bimbingan yang diterima
Faktor Internal
• Pembawaan individu
• Tingkat pendidikan
• Pengalaman masa lampau
• Keinginan atau harapan
( Kuliah Dra. Isje 2010 )
Solusi Konsep diri negatif :
Merubah cara berfikir sesorang yang memiliki konsep diri negatif
Lebih membuka diri untuk bergaul dengan orang lain
Mengenali kemampuan dirinya sendiri
Mendatangi psikolog untuk di berikan motivasi
Memperbaiki motivasi diri
Proses Pembelajaran
Pembelajaran adalah suatu proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar (UU RI No. 20 2003)
Pembelajaran adalah suatu respon terhadap suatu situasi, yang menimbulkan perubahan pada tingkah laku, penambahan pengetahuan atau ketrampilan untuk penyesuaian diri atau bermanfaat untuk dirinya. (dr. Busjra)
2.6 Hambatan:
Internal
Kondisi psikologis tidak siap
Kejenuhan Belajar
Tidak suka subjek pelajaran
Tingkat Intelektual
Eksternal
Lingkungan : Keluarga, Sekolah, Masyarakat
Sikap Guru
Materi yang tidak memadai
Tingkat Kesukaran
Faktor Ekonomi
BAB III PENUTUP
3.1 KESIMPULAN:
Penyebab menurunnya prestasi adi.
Motivasinya kurang
Konsep dirinya cenderung negatif
Proses belajar yang kurang efektif(kurang mampu berbahasa inggris dan menguasai komputer)
3.2 Solusi :
Membangkitkan motivasi(khususnya internal)
Menghilangkan konsep diri negatif
Memperbaiki cara belajar
RESEP SUKSES
William A. Ward :
“ Belajar ketika orang lain tidur, bekerja ketika orang lain bermalasan, dan bermimpi ketika orang lain berharap."
3.3 PENUTUP
Man arodad dunya fa alaihi bil ’ilmi
Wa man arodal akhirah fa alaihi bil ’ilmi
Wa man aroda huma fa alaihi bil ’ilmi.
Siapa yang menginginkan dunia, dia harus punya ilmu
Siapa yang mengimginkan akhirat, dia harus punya ilmu
Siapa yang menginginkan keduanya, dia harus punya Ilmu
3.4 REEFERENSI
Irwanto
Woodworth & Marquis
William D. Brooks
Kuliah Dr. Busjra 2010
Kuliah Dra. Isje 2010
Kuliah Dr. Slamet 2010
0 komentar:
Posting Komentar
hii., nice to see ur comment for me,no SARA , no PORNOGRAFI and absolutely kritik yang membangun ya !!! hiii