RSS

Me.,

Foto saya
just a little girl with many dreams wanna come true!!!!!!!!
Homeostasis
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebasBelum DiperiksaLangsung ke: navigasi, cari
Homeostasis merujuk pada ketahanan atau mekanisme pengaturan lingkungan kesetimbangan dinamis dalam (badan organisme) yang konstan. Homeostasis merupakan salah satu konsep yang paling penting dalam biologi. Bidang fisiologi dapat mengklasifkasikan mekanisme homeostasis pengaturan dalam organisme. Umpan balik homeostasis terjadi pada setiap organisme.

Terdapat 2 jenis keadaan konstan atau mantap dalam homeostasis yaitu

1.Sistem tertutup - Keseimbangan statis
Di mana keadaan dalam yang tidak berubah seperti botol tertutup.
2.Sistem terbuka - Keseimbangan dinamik
Di mana keadaan dalam yang konstan walaupun sistem ini terus berubah contohnya seperti sebuah kolam di dasar air terjun.
Organisme mempunyai 2 lingkungan yaitu:

1.Lingkungan luar yaitu lingkungan yang mengelilingi organisme secara keseluruhan. Organisme akan hidup berkelompok dengan organisme-organisme (biotik) dan objek-objek yang mati (abiotik).
2.Lingkungan dalam yaitu lingkungan dinamis dalam badan manusia yang terdiri dari fluida yang mengelilingi komunitas sel-sel yang membentuk badan.
Biotik ialah komponen hidup yang meliputi semua organisme hidup. Contoh komponen biosis ialah:

Manusia
Tumbuhan
Hewan
Abiotik ialah komponen mati seperti:

Suhu
Nilai pH
Cahaya
Kelembapan
Topografi
Iklim
Daftar isi [sembunyikan]
1 Perubahan lingkungan
2 Faktor
3 Kepentingan
4 Mekanisme
5 Proses pengaturan dalam tubuh manusia
5.1 Air kencing
6 Pengaturan suhu badan dalam badan manusia
6.1 Pengaturan suhu dengan kaidah fisik
6.2 Pengawalan suhu dengan kaidah metabolik
7 Rujukan

[sunting] Perubahan lingkungan
Perubahan kecil dalam lingkungan dinamis dalam tubuh bisa menyebabkan sel-sel mati. Contoh-contoh yang akan menyebabkan sel-sel mati walaupun dalam jumlah kecil ialah seperti:

Dehidrasi - Kurang air
Zat makanan yang kurang
Sisa racun dikumpul dalam badan
Suhu berubah dengan mendadak
[sunting] Faktor
Setiap faktor mempunyai jumlah tertentu yang dapat mempengaruhi lingkungan dinamis. Contoh beberapa faktor dalam fluida yang perlu diatur jumlahnya:

pH - 7,3 - 7,4, berbeda dengan salur alimentari jumlah, pH adalah berbeda-beda pada tempat tertentu.
Suhu - 37oC - 39oC
Glukosa - 4,4 - 5,5 mmol/dm3
Urea - 3,3 - 6,6 mmol/dm3
[sunting] Kepentingan
Akibat perubahan kecil pada jumlah, hal ini akan menimbulkan masalah kepada organisme yang senantiasa berada dalam lingkungan luar yang tidak tentu dan cara hidup yang kurang sehat. Maka, untuk mengadaptasi perubahan ini, Tuhan telah menciptakan organ-organ tertentu dalam badan organisme untuk mengimbangi, mengatur, mengstabilkan, menyesuaikan, dan meneruskan lingkungan dalam supaya berada dalam keadaan yang stabil untuk sel-sel terus hidup dan berfungsi secara optimum.

Beberapa kepentingannya ialah:

Memungkinkan organisme beradaptasi pada lingkungan luar yang mempunyai jumlah dan habitat yang lebih luas.
Menyediakan keadaan dalam (lingkungan dinamis dalam badan organisme) yang stabil supaya sel-sel dapat menjalankan hidup dengan efisien.
Memungkinkan kadar metabolisme diatur secara efisien pada saat tertentu.
BolehMemungkinkan enzim-enzim menjalankan fungsinya dengan optimum.
[sunting] Mekanisme
Mekanisme ini diatur oleh otak terutama hipotalamus, yang bila terangsang akan merangsang koordinasi tubuh. Proses ini akan terjadi terus menerus hingga lingkungan dinamis dalam tubuh akan berada pada jumlah yang normal.

2 koordinasi badan yang terlibat ialah:

1.Kordinasi kimia - Seperti hormon
2.Kordinasi saraf - Seperti impuls saraf
Beberapa proses-proses yang terlibat ialah:

1.Umpan balik positif - Contoh demam, badan akan bertambah panas untuk membunuh bakteri dan virus.
2.Umpan balik negatif - Contoh keadaan panas, badan akan diatur untuk mengurangi panas badan.
Contoh homeostasis yang ringkas ialah

Apabila cuaca panas, sistem kulit akan merespon dengan mengeluarkan peluh melalui kelenjar keringat pada epidermis kulit untuk mencegah suhu darahnya meningkat, pembuluh darah akan mengembang untuk mengeluarkan panas ke sekitarnya, hal ini juga menyebabkan kulit berwarna merah.
Apabila kadar glukosa dalam darah telah habis atau berkurang dari jumlah tertentu, hati akan dirangsang oleh insulin untuk mengubah glikogen menjadi glukosa supaya dapat digunakan sebagai tenaga untuk kontraksi otot.
Organ-organ yang terlibat dalam pengaturan homeostasis antara lain:

Hati
Ginjal
Kulit
[sunting] Proses pengaturan dalam tubuh manusia
Diantara kemungkinannya ialah:

1.Apabila banyak garam dalam badan dan kurang air
2.Apabila kurang garam dalam badan dan banyak air
Apabila kadar garam lebih dari julat normal dan kurang air dalam badan, tekanan osmosis darah akan meningkat, osmoreseptor pada hipotalamus akan terangsang kemudian kelenjar hipofisis akan dirangsang lebih aktif untuk mensekresikan hormon ADH yang bersifat antidiuretik untuk meningkatkan permeabilitas tubulus ginjal terhadap air, kelenjar adrenal (hormon aldosteron) akan kurang dirangsang, maka lebih banyak air diserap dan kurang ion natrium dan ion kalsium diserap kembali masuk dalam tubuh, tekanan osmosis darah akan turun, proses ini akan berulang sehingga tekanan osmosis darah pada jumlah normal.

Apabila kadar garam lebih rendah dari jumlah normal dalam tubuh dan lebih banyak air dalam tubuh, tekanan osmosis darah akan menurun, osmoreseptor pada hipotalamus akan terangsang kemudian kelenjar pituitari akan kurang dirangsang untuk mensekresikan hormon ADH (antidiuresis) untuk mengurangi permeabilitas tubulus ginjal terhadap air, kelenjar adrenal (hormon aldosteron) akan dirangsang dengan lebih aktif, maka lebih sedikit air diserap dan lebih sedikit juga natrium dan kalsium diserap kembali masuk dalam tubuh, tekanan osmosis darah akan naik, proses ini akan berulang sehingga tekanan osmosis darah berada pada jumlah normal.

Fungsi hormon antidiuresis ialah:

Merangsang penyerapan kembali air pada tubulus ginjal - Menambah permeabilitas tubulus ginjal terhadap air.
Fungsi hormon aldosteron ialah:

Agar ion natrium dan ion kalsium dalam darah tetap seimbang - Penyerapan ion kalsium dan ion natrium pada tubulus ginjal.
Memelihara keseimbangan air dan garam dalam darah
Air yang tidak diserap masuk kembali dalam tubuh dan akan keluar sebagai air kencing.

[sunting] Air kencing
Proses pembentukan air kencing terdiri dari 3 proses yaitu:

1.Filtrasi
2.Reabsorpsi
3.Ekskresi
Diantara racun yang disalur keluar ialah:

Urea
Asam urat
Amonia
Obat - Contoh steroid
Kandungan air kencing antara lain:

Air
Urea
Asam urat
Amonia
Natrium
Klorida
Fosfat
[sunting] Pengaturan suhu badan dalam badan manusia
Terdapat 2 kaidah pengaturan suhu badan yaitu:

1.kaidah fisika
2.Kaidah metabolisme
Semua kaidah untuk mengatur suhu tubuh dibantu koordinasi tubuh.

[sunting] Pengaturan suhu dengan kaidah fisik
Dikenali\ sebagai kaidah fisik karena pengaturan lebih banyak kepada penggunaan otot-otot tubuh dan secara fisik. Di antara kemungkinan yang akan terjadi ialah:

1.Suhu badan tinggi melebihi normal
2.Suhu badan rendah melebihi normal
Apabila suhu badan tinggi, termoreseptor akan mentransfer suhu pada kulit, di otak, hipotalamus akan berfungsi sebagai termostat untuk mengatur suhu darah yang melaluinya, mekanisme koreksi akan diarahkan atau dirangsang oleh hipotalamus dengan menggunakan koordinasi tubuh.

Mekanisme koreksi apabila suhu badan tinggi ialah:
1.Vasodilasi yaitu pembuluh darah mengembang untuk berdekatan dengan kulit (lingkungan luar) yang memungkinkan panas dibebaskan keluar.
2.Bulu kulit ditegaskkan untuk mengurangi udara yang terperangkap pada kulit supaya panas mudah dibebaskan karena udara adalah konduktor panas yang baik. Bulu kulit diatur oleh otot erektor.
3.Lebih banyak darah pada kulit (kulit kelihatan merah) - Memudahkan panas darah terbebas keluar melalui proses penyinaran.
4.Berpeluh - Air keringat yang dirembes oleh kelenjar keringat mempunyai panas pendam tentu yang tinggi dapat menyerap panas yang tinggi dan terbebas ke lingkungan sekitar apabila air peluh menguap.
Apabila suhu tubuh rendah, termoreseptor akan menaikkan suhu pada kulit, di otak hipotalamus akan berfungsi sebagai termostat mengatur suhu darah yang melaluinya, mekanisme koreksi akan diarahkan atau dirangsang oleh hipotalamus dengan menggunakan koordinasi badan.

Mekanisme koreksi apabila suhu badan rendah ialah:
1.Vasokonstriksi yaitu pembuluh darah menyempit untuk menjauhi kulit agar panas tak banyak keluar ke lingkungan sekitar.
2.Bulu kulit ditegakkan agar lebih banyak udara yang terperangkap pada kulit supaya panas sukar dibebaskan karena udara adalah konduktor panas yang baik. Bulu kulit diatur oleh otot erektor.
3.Kurang darah pada kulit (Kulit kurang kelihatan kemerahan atau pucat) - Kurang mengalami proses penyinaran untuk mencegah panas terbebas keluar lingkungan.
4.Kurangnya keringat - Saat kurang air keringat dirembeskan oleh kelenjar peluh maka panas tak banyak dibebaskan melalui penguapan air peluh.
[sunting] Pengawalan suhu dengan kaidah metabolik
Dikenal sebagai kaidah metabolik karena pengaturan lebih kepada penggunaan kimia badan daripada secara fisik walaupun terdapat pengaturan yang melibatkan otot-otot. Kawalan ini melibat peranan:

Otot rangka
Kelenjar adrenal
Kelenjar tiroid
Dalam keadaan sejuk, hipotalamus akan mengatur otot rangka untuk vasokonstriksi secara aktif. Hal ini akan menyebabkan seseorang mengigil dan meningkatkan suhu badan. Pada saat yang sama, kelenjar adrenal akan mensekresikan hormon adrenalin dan noradrenalin sedangkan kelenjar tiroid akan mensekresikan hormon tiroksin, semua hormon ini bertujuan untuk meningkatkan suhu badan dengan cara meningkatkan metabolisme tubuh.

Dalam keadaan panas, aktivitas otot rangka akan berkurang, begitu juga dengan sekresi hormon-hormon tertentu oleh kelenjar adrenal dan kelenjar tiroid akan berkurang.

Hormon epinefrin dan norepinefrin bertindak dengan:

1.Meningkatkan kadar detak jantung dan kadar pernafasan.
2.Meningkatkan tekanan darah
3.Meningkatkan metabolisme badan
4.Meningkatkan kadar gula darah dengan merangsang pengubahan glikogen ke glukosa.
Pengaturan kadar gula sedikit dalam darah atau glukosa. Di antara kemungkinan yang mungkin terjadi ialah:

1.Kadar gula sedikit atau glukosa terlampau banyak
2.Kadar gula sedikit atau glukosa terlampau sedikit
Apabila kadar glukosa terlampau banyak, lebih dari jumlah normal, sel beta pada Pulau Langerhans akan mensekresikan lebih banyak hormon insulin, kadar glukosa dalam darah akan turun, proses ini akan berlanjut hingga kadar glukosa dalam darah berada pada jumlah yang normal.

Fungsi hormon insulin ialah:

Merangsang pengubahan glukosa ke glikogen untuk disimpan dalam hati.
Merangsang oksidasi glukosa untuk tujuan respirasi dalam sel.
Apabila kadar glukosa terlampau rendah, kurang dari jumlah normal, sel alfa pada kelenjar pulau-pulau Langerhans akan mensekresikan lebih banyak hormon glukagon, kadar glukosa dalam darah akan naik, proses ini akan berlanjut sehingga kadar glukosa dalam darah berada pada jumlah normal.

Fungsi hormon glukagon ialah:

Merangsang pengubahan glikogen ke glukosa dalam darah.
Sel-sel Langerhans terletak dalam pankreas.

[sunting] Rujukan
Kursus Sains Fajar Bakti (Penerbit Fajar Bakti) (008974-T) - 1999 - Biologi STPM Jilid 1 oleh Peter Chen terjemahan oleh Liew Shee Leong dan Lim Peng Lai - ISDN 967-65-0658-3
SASBADI (139288-X) - 2004 - Master Studi Sasbadi SPM Biologi Tingkatan 4 dan 5 oleh Mah Chee Wai, Dr. Tina Lim Swee Kim, dan Nazar Shaarani - ISDN 983-59-2090-7
'K' Publishing (144639) - 2004 - KBSM Biologi Tingkatan 5 oleh Zolkofli bin Awang, Nurul Uyun binti Abdullah, Norma binti Ismail, Fathiah binti Mansoor, dan Mohd. Nazri bin Md. Saad - ISDN 983-852-379-8

MODUL 1 LS & IT


Motivasi,Konsep Diri dan

Pembelajaran Efektif

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA

PRODI KEDOKTERAN

Disusun oleh KELOMPOK 3 :

 Ketua : Brilliant Ibnu Sina

 Sekertaris : Diva Adlia Nurandi

Anggota: Aziz Rahman Muis

Diah Eka Permanawati

Dian Fitriany Suhardi

Dimas Dwityo Previanto

Dini Mudira Sari

Eka Widya

Elza Wahyuni

Fadillah Arifani

Mia Shofianne Liberty

Tutor : Dr.Jekti TR







BAB II

PEMBAHASAN



2.1 Skenario 1

Adi,18 tahun mahasiswa kedokteran salah satu perguruan tinggi di Jakarta merasakan hasil prestasi di semester 1 jauh dari standar yang dicapai.Saat mengikuti perkuliahan ternyata buku rujukan menggunakan bahasa inggris dan hampir segala aktivitas tugas menggunakan computer,sering tidak membuat tugas sehingga berpengaruh terhadap pencapaian nilai. Kegelisahan muncul apakah apakah Adi dapat menjadi dokter di desa nya kelak nanti.Keinginanmenjadi dokter muncul saat neneknya mengalami sakit keras pda saat membutuhkan pertolongan seoramg dokter ternyata di desa terpencil itu , untuk butuh seorang dokter harus memerlukan waktu 4 jam perjalanan mencapai puskesmas.

Adi terlahir di Desa Sumbersari di kaki lereng gunung Ciremei,membutuhkan perjalanan 6 jam kepusat kota,sarana kesehatan sangat minim dan tidak memadai, jalan berliku dan susah angkutan umum.Semenjak pengalaman neneknya sakit keras dan tidak tertolong beliau bercita cita selepas lulus SMA ingin melanjutkan menjadi dokter.SMA di Desa Sumbersari seperti biasa SMA di desa.Orang tua Adi bekerja sebagai petani.



2.2 Kata Kunci

 Mahasiswa Kedokteran

 Prestasi Menurun

 Motivasi menjadi Dokter,saat neneknya sakit

 Kegelisahan muncul

 Tempat tinggal terpencil

 Orangtua Petani

 Jarang buat tugas

 Buku Rujukan B.Inggris dan computerized





2.3 Pertanyaan

 Motivasi

1. Apa yang dimaksud dengan Motivasi ?

2. Apa saja klasifikasi motivasi?yang lebih dominan dalam skenario ini?

3. Faktor-faktor yang mendorong motivasi?



 Konsep Diri

1. Apa yang dimkasud dengan konsep diri?

2. Faktor yang mempengaruhi konsep diri?

3. Apa solusi untuk menghilangkan konsep diri negatif?



 Proses Pembelajaran Efektif

1. Apa definisi dari pembelajaran efektif?

2. Apa hubungan konsep diri dengan pembelajaran?

3. Hambatan pembelajaran efektif?

























2.4 Analisis Masalah





Adi memiliki konsep diri yang negatif dan motivasi internalnya kurang, karena dalam belajar Adi kurang mahir dalam menggunakan komputer dan Bahasa Inggris yang membuat prestasinya menurun sehingga menyebabkan IPK rendah dan tidak lulus tepat waktu / DO.

2.5 Pembahasan



 MOTIVASI

Motivasi belajar dapat didefinisikan sebagai keseluruhan daya penggerak di dalam dan di luar diri siswa yang menimbulkan, menjamin kelangsungan dan memberikan arah kegiatan belajar, sehingga diharapkan tujuan dapat tercapai.





 Klasifikasi – Irwanto

 Motivasi Kuat

 Motivasi Sedang

 Motivasi Lemah



 Klasifikasi Motivasi -Woodworth & Marquis

 Kebutuhan-kebutuhan organis (Organic Motive)

 Motif-motif darurat (Emergency Motive)

 Motif-motif obyektif (Objective Motive)

Faktor Pendorong

Faktor Eksternal

• Lingkungan

• Pemimpin dan kepemimpinanannya

• Dorongan atau bimbingan yang diterima

Faktor Internal

• Pembawaan individu

• Tingkat pendidikan

• Pengalaman masa lampau

• Keinginan atau harapan

( Kuliah Dra. Isje 2010 )



Solusi Konsep diri negatif :

 Merubah cara berfikir sesorang yang memiliki konsep diri negatif

 Lebih membuka diri untuk bergaul dengan orang lain

 Mengenali kemampuan dirinya sendiri

 Mendatangi psikolog untuk di berikan motivasi

 Memperbaiki motivasi diri

Proses Pembelajaran

 Pembelajaran adalah suatu proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar (UU RI No. 20 2003)

 Pembelajaran adalah suatu respon terhadap suatu situasi, yang menimbulkan perubahan pada tingkah laku, penambahan pengetahuan atau ketrampilan untuk penyesuaian diri atau bermanfaat untuk dirinya. (dr. Busjra)

2.6 Hambatan:

Internal

 Kondisi psikologis tidak siap

 Kejenuhan Belajar

 Tidak suka subjek pelajaran

 Tingkat Intelektual

Eksternal

 Lingkungan : Keluarga, Sekolah, Masyarakat

 Sikap Guru

 Materi yang tidak memadai

 Tingkat Kesukaran

 Faktor Ekonomi



BAB III PENUTUP

3.1 KESIMPULAN:

Penyebab menurunnya prestasi adi.

 Motivasinya kurang

 Konsep dirinya cenderung negatif

 Proses belajar yang kurang efektif(kurang mampu berbahasa inggris dan menguasai komputer)

3.2 Solusi :

 Membangkitkan motivasi(khususnya internal)

 Menghilangkan konsep diri negatif

 Memperbaiki cara belajar

RESEP SUKSES

 William A. Ward :

 “ Belajar ketika orang lain tidur, bekerja ketika orang lain bermalasan, dan bermimpi ketika orang lain berharap."

3.3 PENUTUP

 Man arodad dunya fa alaihi bil ’ilmi

 Wa man arodal akhirah fa alaihi bil ’ilmi

 Wa man aroda huma fa alaihi bil ’ilmi.

 Siapa yang menginginkan dunia, dia harus punya ilmu

 Siapa yang mengimginkan akhirat, dia harus punya ilmu

 Siapa yang menginginkan keduanya, dia harus punya Ilmu


3.4 REEFERENSI

 Irwanto

 Woodworth & Marquis

 William D. Brooks

 Kuliah Dr. Busjra 2010

 Kuliah Dra. Isje 2010

 Kuliah Dr. Slamet 2010





































DOKTER - DOKTER TERSAYANG

THE FUTURE DOCTORS















Diberdayakan oleh Blogger.
http://www.emocutez.com
Powered By Blogger